Iklan

Iklan

Pemprov DKI Jakarta Akan Kembangkan Bike Sharing

13/04/18, 11:33 WIB Last Updated 2020-07-08T13:20:14Z
Jakarta akan ujicoba bike sharing mula Juli 2018.
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno memimpin rapat internal terkait operasional bike share, di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam rapat tersebut dibahas roadmap implementasi bike share, integrasinya dengan sistem angkutan umum massal seperti Transjakarta dan MRT, analisis perilaku penggunaan maupun dampak bike sharing, penyediaan sepeda untuk sekolah-sekolah. Kemudian, rancangan implementasi, kerja sama dengan operator bike share, dan poin kesepahaman Pemprov DKI Jakarta dengan operator.

Selain itu, juga dibahas aspek legal yang mencakup rencana operasional, perizinan usaha bike share, peraturan terkait bersepeda, serta penyitaan dan denda.

“Kita punya komunitas yang cukup aktif, mereka akan terus dilibatkan. Kita akan buat diskursus publik melalui kanal-kanal Jakarta Smart City untuk menampung masukan,” kata Sandi, Kamis (12/4).

Ia menginginkan, dibuatnya sistem yang mudah melalui intervensi teknologi dan digital. Sehingga, pengawasan juga dapat dengan mudah dilakukan.

“Kita pakai sistem uji coba pilot project dulu untuk mengetahui kelengkapan yang diperlukan. Periode uji coba selama tiga bulan dimulai Juli mendatang,” tandasnya.

Sekadar diketahui, untuk potensi percontohan akan direalisasikan di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Balai Kota DKI Jakarta. Untuk kawasan Monas, rekomendasi jumlah sepeda sebanyak 200 unit yang tersebar di sembilan titik dengan jenis pengoperasian sepeda tidak bisa dibawa keluar area Monas.

Sementara, di Balai Kota DKI Jakarta, rekomendasi jumlah sepeda sebanyak 200 unit tanpa ada batasan wilayah dengan maksud mengakomodir perjalanan Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI dari area Balai Kota menuju stasiun KRL maupun halte bus Transjakarta.

Melalui implementasi operasional bike sharing ini bertujuan mempopulerkan penggunaan sepeda sebagai moda transportasi harian, menciptakan kota ramah pesepeda, dan membuat Jakarta yang semakin ramah lingkungan.

Untuk diketahui, rapat internal bike share ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik; Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat; Dinas Perhubungan; Dinas Bina Marga; Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Pendidikan, Dinas PM dan PTSP; Satpol PP; UP Kawasan Monas; PT MRT Jakarta; serta PT Transjakarta.(Swk)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemprov DKI Jakarta Akan Kembangkan Bike Sharing

Terkini

Topik Populer

Iklan