Iklan

Iklan

Ramadhan, bulan Siwak

12/06/17, 13:34 WIB Last Updated 2019-09-18T13:44:58Z
Penjualan dan pembelian siwak di Kashmir, India meningkat signifikan sepanjang Ramadhan. Ini karena umat Muslim setempat percaya bahwa bersiwak adalah cara lain mendapat pahala dari Allah, sekaligus menjaga kebersihan diri.

Abdul Razak adalah seorang penjual siwak di salah satu kuil suci, Dargah Hazratbal. Sepanjang Ramadhan, dirinya tidak bergeser kemana pun untuk menjajakan dagangannya. Ini karena banyak pelanggan Muslim mendatangi langsung lapak dagangannya di sana. "Alhamdulillah penjualannya memuaskan," kata Razak, dilansir dari Kashmir Monitor, Senin (12/6).

Penjual siwak lainnya, Gulzar Ahmad mengatakan Ramadhan adalah berkah bagi usahanya. Bisnisnya berjalan baik karena pelanggan datang dalam jumlah banyak untuk membeli aneka produk siwak. "Semua orang di Kashmir menggunakan siwak ini selama Ramadhan, bahkan anak-anak pun mencarinya," kata Ahmad.

Bersiwak adalah aktivitas yang disukai Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan giginya. Manzoor Ahmad, seorang penduduk Khanyar mengatakan alasan utamanya menggunakan siwak karena itu yang dianjurkan Nabi Muhammad. Siwak juga bisa mengurangi bau mulut ketika sedang berpuasa.

Dokter Gigi, Dokter Shahid Asrar mengatakan siwak memiliki nilai kesehatan. "Orang-orang yang terbiasa bersiwak, maka tidak membutuhkan air untuk mencuci mulut. Ini adalah praktik terbaik yang menjamin kebersihan mulut," ujarnya. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ramadhan, bulan Siwak

Terkini

Topik Populer

Iklan